Tips Pemasaran ke Negara Lain Menggunakan Social Media



Ingin tahu cara melakukan pemasaran ke negara lain menggunakan social media ? berikut beberapa tips pemasaran ke negara lain menggunakan social media yang bisa Anda coba :




1.  Kenali Social Media mana yang banyak digunakan pada negara yang menjadi target .
Tiap negara memiliki preferensi yang berbeda-beda dalam penggunaan Social Media. Misalnya di Australia, Finlandia, Norwegia, Amerika Serikat, dan Kanada, 3 teratas Social Media yang digunakan adalah Facebook, LinkedIn, dan Twitter. Sementara di Cina, 3 teratas Social Media yang digunakan adalah Qzone, Tencent Weibo, dan Sina Weibo. Di beberapa negara ada yang tidak menggunakan Twitter maupun Linkedin tetapi menggunakan Orkut, Badoo, Xing, dsb.

2.  Kenali perilaku konsumen dari negara yang menjadi target pemasaran.
Lakukanlah riset terlebih dahulu mengenai bagaimana perilaku konsumen dari negara yang menjadi target pemasaran Anda. Cari tahulah terlebih dahulu mengenai metode pemasaran seperti apa yang dapat menarik minat target konsumen Anda, apakah dengan konten video yang menarik, atau penggunaan kata-kata yang sesuai dengan kultur negara tersebut, dan sebagainya.

3.  Kenali gadget yang paling banyak digunakan untuk mengakses Social Media.
Memiliki konten menarik, kaya warna, interaktif, tetapi berdampak pada lambatnya waktu pemuatan halaman Social Media Anda atau tampilan yang berubah saat diakses melalui smartphone merupakan hal yang perlu diperhatikan. Di beberapa negara seperti Italia, Australia, Kanada, dan Perancis, mayoritas mengakses Social Media menggunakan media perangkat Mobile jadi sebaiknya menggunakan konten yang mobile-friendly.

4.  Tentukan STP yang sesuai untuk negara yang menjadi target pemasaran.
Setiap aktivitas pemasaran tentunya memerlukan STP yang merupakan kependekan dari Segmenting, Targeting, dan Positioning. Tidak terkecuali untuk pemasaran pada Social Media, terutama apabila target Anda adalah memasarkan produk, brand, dan atau layanan Anda ke negara lain. Di Kanada misalnya, pengguna Social Media lebih banyak oleh mereka yang berusia 55 tahun ke atas dengan pertumbuhan yang mencapai 50% sementara untuk usia 17 tahun ke bawah mengalami penurunan sebanyak 18%, sehingga akan jauh lebih efektif memasarkan produk/brand/layanan yang cocok untuk usia di atas 55 tahun.

Bagaimana ? Sudah siapkah Anda untuk Go International ? :)

Sumber gambar :
Tips Pemasaran ke Negara Lain Menggunakan Social Media Tips Pemasaran ke Negara Lain Menggunakan Social Media Reviewed by The Source on April 15, 2015 Rating: 5

No comments