Tips Pemasaran ke Negara Lain Menggunakan Social Media
Ingin
tahu cara melakukan pemasaran ke negara lain menggunakan social media ?
berikut beberapa tips pemasaran ke negara lain menggunakan social media
yang bisa Anda coba :
1. Kenali Social Media mana yang banyak digunakan pada negara yang menjadi target .
Tiap
negara memiliki preferensi yang berbeda-beda dalam penggunaan Social
Media. Misalnya di Australia, Finlandia, Norwegia, Amerika Serikat, dan
Kanada, 3 teratas Social Media yang digunakan adalah Facebook, LinkedIn,
dan Twitter. Sementara di Cina, 3 teratas Social Media yang digunakan
adalah Qzone, Tencent Weibo, dan Sina Weibo. Di beberapa negara ada yang
tidak menggunakan Twitter maupun Linkedin tetapi menggunakan Orkut,
Badoo, Xing, dsb.
2. Kenali perilaku konsumen dari negara yang menjadi target pemasaran.
Lakukanlah
riset terlebih dahulu mengenai bagaimana perilaku konsumen dari negara
yang menjadi target pemasaran Anda. Cari tahulah terlebih dahulu
mengenai metode pemasaran seperti apa yang dapat menarik minat target
konsumen Anda, apakah dengan konten video yang menarik, atau penggunaan
kata-kata yang sesuai dengan kultur negara tersebut, dan sebagainya.
3. Kenali gadget yang paling banyak digunakan untuk mengakses Social Media.
Memiliki
konten menarik, kaya warna, interaktif, tetapi berdampak pada lambatnya
waktu pemuatan halaman Social Media Anda atau tampilan yang berubah
saat diakses melalui smartphone merupakan hal yang perlu
diperhatikan. Di beberapa negara seperti Italia, Australia, Kanada, dan
Perancis, mayoritas mengakses Social Media menggunakan media perangkat Mobile jadi sebaiknya menggunakan konten yang mobile-friendly.
4. Tentukan STP yang sesuai untuk negara yang menjadi target pemasaran.
Setiap aktivitas pemasaran tentunya memerlukan STP yang merupakan kependekan dari Segmenting, Targeting, dan Positioning. Tidak terkecuali untuk pemasaran pada Social Media, terutama apabila target Anda adalah memasarkan produk, brand,
dan atau layanan Anda ke negara lain. Di Kanada misalnya, pengguna
Social Media lebih banyak oleh mereka yang berusia 55 tahun ke atas
dengan pertumbuhan yang mencapai 50% sementara untuk usia 17 tahun ke
bawah mengalami penurunan sebanyak 18%, sehingga akan jauh lebih efektif
memasarkan produk/brand/layanan yang cocok untuk usia di atas 55 tahun.
Bagaimana ? Sudah siapkah Anda untuk Go International ? :)
Sumber gambar :
Tips Pemasaran ke Negara Lain Menggunakan Social Media
Reviewed by The Source
on
April 15, 2015
Rating:
No comments