7 Karakteristik Brand yang Sukses


7 Tips membangun brand yang sukses

Bagaimana membangun sebuah brand yang sukses ? Produk atau jasa yang berkualitas merupakan hal yang sangat penting dalam kesuksesan sebuah bisnis. Tapi dengan banyaknya jumlah kompetisi yang dihadapi oleh hampir semua bidang industri, sangatlah penting untuk membangun sebuah identitas yang unik dan terdepan melalui Strategic Branding yang tepat.




Brand yang efektif merupakan suatu persepsi yang ditanamkan di kepala masyarakat mengenai produk ataupun jasa yang ditawarkan. Membangun sebuah brand yang efektif tidaklah mudah, dibutuhkan sebuah pemikiran yang mendalam dan usaha keras untuk menciptakan persepsi yang dapat selalu diingat dalam benak dan kepala seseorang mengenai produk ataupun jasa yang perusahaan anda tawarkan, dan mengasosiasikannya dengan bisnis anda.
Marilah kita sama-sama menggali lebih dalam 7 karakteristik umum dari brand yang sukses, sehingga anda bisa mulai membangun brand anda sendiri.
1.  Kenali Target Pasar
Brand yang terkenal telah memiliki pemahaman yang dalam akan target pasar mereka; Apa yang dibutuhkan oleh pasar dan bagaimana mereka mengkomunikasikannya ke dalam bentuk produk atau jasa. Pemahaman target pasar sangatlah penting agar kampanye marketing dapat tepat sasaran, sehingga dapat membangun identitas brand yang menyeluruh yang dapat membangun koneksi antara sebuah bisnis dan target pasarnya.
Lupakan Carrefour atau Giant yang memiliki target pasar yang sangat luas. Jika bisnis anda ditujukan untuk segmen tertentu, mulailah meneliti target pasar anda dan demografi yang tepat untuk memasarkan produk atau pun jasa yang bisnis anda tawarkan.
2. Unik
Membangun identitas sebuah brand diperlukan sesuatu yang berbeda dan unik. Menciptakan identitas brand anda di tengah persaingan yang ketat tidak membutuhkan ide yang revolusioner. Anda hanya membutuhkan satu hal yang spesial dan unik, yang membedakan bisnis anda berbeda dari bisnis sejenis lainnya. Contohnya, dalam melakukan jasanya, PHD memberikan garansi pengantaran pizzanya dalam waktu 30 menit, atau akan diberikan pizza gratis sebagai gantinya. The Body Shop yang menggalakan kampanye go green, akan memberikan poin yang bisa ditukarkan dengan produk The Body Shop apabila mengembalikan botol-botol produk The Body Shop yang telah terpakai.
Melihat contoh di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa ketika sebuah perusahaan telah menemukan “trik” unik tersebut dan berkonsentrasi untuk memaksimalkannya, maka brand-nya akan lebih dikenal dalam kurun waktu relatif singkat. Maka carilah “trik” yang bisa anda gunakan untuk menjual dan membranding bisnis anda agar lebih dikenal oleh masyarakat yang menjadi target pasar anda.
3. Passion
Mungkin saja untuk membangun sebuah brand tanpa passion dalam waktu yang singkat, tapi akan sangat sulit untuk mempertahankannya. Anda tentu mengetahui Steve Jobs sebagai orang yang sangat sukses dengan bisnisnya, hal itu dikarenakan ia memiliki passion yang tinggi akan produk yang diciptakannya sehingga dapat menghasilkan produk unggulan yang sangat sukses dan dikenal di seluruh dunia.
Passion menuntun kepada antusiasme dan kebahagiaan murni yang dapat terwujud dalam suatu produk dan menularkannya kepada konsumen. Konsumen yang antusias terhadap produk atau jasa yang ditawarkan menuntun pada word-of mouth advertising, dan hal tersebut membuat brand  anda semakin dikenal luas oleh masyarakat.
4. Konsistensi
Ketika konsumen melakukan re-purchase sebuah produk atau jasa, mereka biasanya mengharapkan level kualitas yang sama dengan produk atau jasa yang pertama kali mereka beli atau rasakan. Dengan banyaknya kompetitor di bidang bisnis yang anda geluti sekarang, ketidakkonsistenan produk atau jasa yang ditawarkan dapat membuat anda kehilangan konsumen. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menciptakan standar kualitas dari produk atau jasa yang anda jual.
Contoh bisnis yang rentan terhadap ketidakkonsistenan biasanya dialami oleh mereka yang menggeluti bisnis restoran. Anda bisa belajar dari bisnis makanan cepat saji seperti McDonald; di daerah atau negara manapun anda mencobanya, rasanya tidak pernah berbeda. Karena itu konsumen tidak perlu merasa khawatir untuk melakukan re-purchase dimanapun.
5. Kompetitif
Menjadi yang terdepan dan terkini dalam dunia bisnis bukanlah pekerjaan yang mudah. Untuk sebuah brand yang terkenal, pelaku bisnis di dalamnya harus selalu berani maju untuk berkompetisi dan berani maju untuk melakukan peningkatan dalam bisnisnya dalam segala aspek yang dibutuhkan.
Anda tentu tidak berpikir bahwa perusahaan-perusahaan besar yang telah memiliki nama bisa duduk santai dan tidak melakukan apa pun untuk meningkatkan kualitas brand-nya. Sebaliknya mereka, dibalik nama besar brand mereka, merupakan sebuah roda penggerak yang bekerja tanpa kenal lelah untuk terus membangun dan mengoptimalisasikan brand mereka, terus maju ke depan, membuat terobosan di luar ekspektasi masyarakat. Hasilnya, mereka akan selalu menjadi brand yang terdepan.
6. Penggunaan Social-Media
Salah satu hal yang dapat membuat brand anda dikenal adalah dengan mengiklankannya melalui beragam media. Merupakan fakta yang sangat gamblang diketahui bahwa perusahaan besar memiliki keuntungan untuk membangun brand-nya karena biasanya mereka memiliki dana yang besar untuk biaya marketing dan koneksi yang baik untuk mendukung brand mereka. Mereka dapat mengiklankan produk atau jasa mereka memalui televisi, muncul di halaman majalah terkenal, sampai membuat situs mereka muncul sebagai pencarian utama dalam search-engine.
Tapi, sebagaimana kita ketahui, sejak kehadiran internet dan social media, perbedaan antara perusahaan besar dan kecil tidak terlalu signifikan lagi. Banyak sekali tools yang bisa dipelajari dan digunakan untuk membangun brand anda. Dengan mengembangkan dan aktif dalam jaringan social media seperti Facebook, Twitter, LinkedIn and Google+, semuanya menjadi mudah untuk menjangkau target pasar anda. Anda hanya perlu tahu bagaimana memaksimalkannya.
7. Kepemimpinan
Sudah jelas bahwa terdapat seorang pemimpin yang sangat berpengaruh dibelakang setiap brand yang sukses. Sebuah perusahaan pasti memiliki seorang pemimpin, baik itu CEO atau pemilik perusahaan, untuk mengkoordinasikan anggota timnya dengan strategi visi dan misi untuk membangun brand-nya. Seorang pemimpin ialah dia yang berani tampil untuk menjadi nahkoda dan menjaga stabilitas setiap anggota tim (departemen) agar berada dalam satu tujuan perusahaan. Ia juga merupakah ahli dalam memotivasi dan memaksimalkan kekuatan dari masing-masing timnya.
 Jadi, apakah anda sudah siap untuk mulai membangun brand anda?
 by Feby Perlita
sumber artikel : Forbes
sumber gambar : http://crenshawcomm.com
7 Karakteristik Brand yang Sukses 7 Karakteristik Brand yang Sukses Reviewed by The Source on April 15, 2015 Rating: 5

No comments