7 Karakteristik Brand yang Sukses
7 Tips membangun brand yang sukses
Bagaimana
membangun sebuah brand yang sukses ? Produk atau jasa yang berkualitas
merupakan hal yang sangat penting dalam kesuksesan sebuah bisnis. Tapi
dengan banyaknya jumlah kompetisi yang dihadapi oleh hampir semua bidang
industri, sangatlah penting untuk membangun sebuah identitas yang unik
dan terdepan melalui Strategic Branding yang tepat.
Brand
yang efektif merupakan suatu persepsi yang ditanamkan di kepala
masyarakat mengenai produk ataupun jasa yang ditawarkan. Membangun
sebuah brand yang efektif tidaklah mudah, dibutuhkan sebuah
pemikiran yang mendalam dan usaha keras untuk menciptakan persepsi yang
dapat selalu diingat dalam benak dan kepala seseorang mengenai produk
ataupun jasa yang perusahaan anda tawarkan, dan mengasosiasikannya
dengan bisnis anda.
Marilah kita sama-sama menggali lebih dalam 7 karakteristik umum dari brand yang sukses, sehingga anda bisa mulai membangun brand anda sendiri.
1. Kenali Target Pasar
Brand
yang terkenal telah memiliki pemahaman yang dalam akan target pasar
mereka; Apa yang dibutuhkan oleh pasar dan bagaimana mereka
mengkomunikasikannya ke dalam bentuk produk atau jasa. Pemahaman target
pasar sangatlah penting agar kampanye marketing dapat tepat sasaran,
sehingga dapat membangun identitas brand yang menyeluruh yang dapat membangun koneksi antara sebuah bisnis dan target pasarnya.
Lupakan
Carrefour atau Giant yang memiliki target pasar yang sangat luas. Jika
bisnis anda ditujukan untuk segmen tertentu, mulailah meneliti target
pasar anda dan demografi yang tepat untuk memasarkan produk atau pun
jasa yang bisnis anda tawarkan.
2. Unik
Membangun identitas sebuah brand diperlukan sesuatu yang berbeda dan unik. Menciptakan identitas brand
anda di tengah persaingan yang ketat tidak membutuhkan ide yang
revolusioner. Anda hanya membutuhkan satu hal yang spesial dan unik,
yang membedakan bisnis anda berbeda dari bisnis sejenis lainnya.
Contohnya, dalam melakukan jasanya, PHD memberikan garansi pengantaran
pizzanya dalam waktu 30 menit, atau akan diberikan pizza gratis sebagai
gantinya. The Body Shop yang menggalakan kampanye go green, akan
memberikan poin yang bisa ditukarkan dengan produk The Body Shop apabila
mengembalikan botol-botol produk The Body Shop yang telah terpakai.
Melihat
contoh di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa ketika sebuah perusahaan
telah menemukan “trik” unik tersebut dan berkonsentrasi untuk
memaksimalkannya, maka brand-nya akan lebih dikenal dalam kurun waktu relatif singkat. Maka carilah “trik” yang bisa anda gunakan untuk menjual dan membranding bisnis anda agar lebih dikenal oleh masyarakat yang menjadi target pasar anda.
3. Passion
Mungkin saja untuk membangun sebuah brand tanpa passion
dalam waktu yang singkat, tapi akan sangat sulit untuk
mempertahankannya. Anda tentu mengetahui Steve Jobs sebagai orang yang
sangat sukses dengan bisnisnya, hal itu dikarenakan ia memiliki passion yang
tinggi akan produk yang diciptakannya sehingga dapat menghasilkan
produk unggulan yang sangat sukses dan dikenal di seluruh dunia.
Passion menuntun
kepada antusiasme dan kebahagiaan murni yang dapat terwujud dalam suatu
produk dan menularkannya kepada konsumen. Konsumen yang antusias
terhadap produk atau jasa yang ditawarkan menuntun pada word-of mouth advertising, dan hal tersebut membuat brand anda semakin dikenal luas oleh masyarakat.
4. Konsistensi
Ketika konsumen melakukan re-purchase
sebuah produk atau jasa, mereka biasanya mengharapkan level kualitas
yang sama dengan produk atau jasa yang pertama kali mereka beli atau
rasakan. Dengan banyaknya kompetitor di bidang bisnis yang anda geluti
sekarang, ketidakkonsistenan produk atau jasa yang ditawarkan dapat
membuat anda kehilangan konsumen. Oleh karena itu, sangatlah penting
untuk menciptakan standar kualitas dari produk atau jasa yang anda jual.
Contoh
bisnis yang rentan terhadap ketidakkonsistenan biasanya dialami oleh
mereka yang menggeluti bisnis restoran. Anda bisa belajar dari bisnis
makanan cepat saji seperti McDonald; di daerah atau negara manapun anda
mencobanya, rasanya tidak pernah berbeda. Karena itu konsumen tidak
perlu merasa khawatir untuk melakukan re-purchase dimanapun.
5. Kompetitif
Menjadi yang terdepan dan terkini dalam dunia bisnis bukanlah pekerjaan yang mudah. Untuk sebuah brand yang
terkenal, pelaku bisnis di dalamnya harus selalu berani maju untuk
berkompetisi dan berani maju untuk melakukan peningkatan dalam bisnisnya
dalam segala aspek yang dibutuhkan.
Anda
tentu tidak berpikir bahwa perusahaan-perusahaan besar yang telah
memiliki nama bisa duduk santai dan tidak melakukan apa pun untuk
meningkatkan kualitas brand-nya. Sebaliknya mereka, dibalik nama besar brand mereka, merupakan sebuah roda penggerak yang bekerja tanpa kenal lelah untuk terus membangun dan mengoptimalisasikan brand mereka, terus maju ke depan, membuat terobosan di luar ekspektasi masyarakat. Hasilnya, mereka akan selalu menjadi brand yang terdepan.
6. Penggunaan Social-Media
Salah satu hal yang dapat membuat brand anda
dikenal adalah dengan mengiklankannya melalui beragam media. Merupakan
fakta yang sangat gamblang diketahui bahwa perusahaan besar memiliki
keuntungan untuk membangun brand-nya karena biasanya mereka memiliki dana yang besar untuk biaya marketing dan koneksi yang baik untuk mendukung brand
mereka. Mereka dapat mengiklankan produk atau jasa mereka memalui
televisi, muncul di halaman majalah terkenal, sampai membuat situs
mereka muncul sebagai pencarian utama dalam search-engine.
Tapi, sebagaimana kita ketahui, sejak kehadiran internet dan social media, perbedaan antara perusahaan besar dan kecil tidak terlalu signifikan lagi. Banyak sekali tools yang bisa dipelajari dan digunakan untuk membangun brand anda. Dengan mengembangkan dan aktif dalam jaringan social media
seperti Facebook, Twitter, LinkedIn and Google+, semuanya menjadi mudah
untuk menjangkau target pasar anda. Anda hanya perlu tahu bagaimana
memaksimalkannya.
7. Kepemimpinan
Sudah jelas bahwa terdapat seorang pemimpin yang sangat berpengaruh dibelakang setiap brand
yang sukses. Sebuah perusahaan pasti memiliki seorang pemimpin, baik
itu CEO atau pemilik perusahaan, untuk mengkoordinasikan anggota timnya
dengan strategi visi dan misi untuk membangun brand-nya. Seorang
pemimpin ialah dia yang berani tampil untuk menjadi nahkoda dan menjaga
stabilitas setiap anggota tim (departemen) agar berada dalam satu tujuan
perusahaan. Ia juga merupakah ahli dalam memotivasi dan memaksimalkan
kekuatan dari masing-masing timnya.
Jadi, apakah anda sudah siap untuk mulai membangun brand anda?
by Feby Perlitasumber artikel : Forbes
sumber gambar : http://crenshawcomm.com
7 Karakteristik Brand yang Sukses
Reviewed by The Source
on
April 15, 2015
Rating:
No comments